Bahaya Jenis Narkotika-Zat Adiktif dan Psikotropika

6 Apr

Gambar

Zat Adiktif dan Psikotropika tergolong Narkoba? Believe or not . faktanya memang begitu :-P .Tahu tidak ? Kepanjangan Narkoba? Bukan Narik Kolor Babeh loh , tapi –Narkotika , Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya– yaitu Bahan/zat bila dimasukan ke dalam tubuh manusia baik secara oral/diminum,dihirup atau disuntikan yang bisa mengubah pikiran dan perilaku seseorang. Nekat banget ga sih?

 Narkotika dalam Yunani disebut Narkose artinya beku, lumpuh dan dungu. Kalau kau mau mencoba atau memikirkannya saja berarti kau sama seperti Orang Dungu. Narkotika berasal dari bahasa Inggris yaitu marcotics artinya obat bius. Narkoba bisa membuatmu ketergantungan fisik dan psikologis. Well ,sebaiknya kalau kau mau mencobanya kau harus menyiapkan badan obesitas, yeah supaya saat kau sakau nanti kau tidak terlihat ceking sama seperti tengkorak berjalan.

Narkotika adalah Zat/obat berasala dari tanaman/bukan tanamna, baik sintetis atau pun semi sintetis yang bisa menimbulkan ketergantungan (UU no.22 tahun 1997)

Jenis Narkotika :

  1. tanaman papaver
  2. opium mentah
  3. opium masak (candu,jicing,jicingko)
  4. opium
  5. morfin
  6. kokain
  7. ekgonin
  8. tanaman ganja
  9. damar ganja

Zat adiktif adalah bahan-bahan alamiah yang dapat menimbulkan ketagihan dan ketergantungan bagi pemakainya.Biasanya zat ini biasa dipakai sebagai pengganti morfin atau kokain.

Kelompok yang termasuk zat adiktif ini antara lain rokok, minuman keras , alkohol yang mengandung (ingat!-bukan hamil) Etil etanol , inhalen/sniffing.

Zat Psikotropika adalah zat atau obat baik alamiah atau sintetis yang menyebabkan perubahan pada aktivita mental dan perilaku. Zat yang termasuk Psikotropika :

  1. metifenidat
  2. fenobarbital
  3. flunitra-zepam
  4. amfetamin
  5. mandarax
  6. valium
  7. rohypnol
  8. fensiklidin
  9. sahbu-shabu
  10. ekstasi
  11. LSD (Lycergic Alis Diethyl-amide)

Dampak Negatif

  • Minuman Keras

dapat merusak kesehatan jasmani dan rohani. mengandung alkohol jadi bisa menimbulkan ketergantungan (emang enak digantung), iritasi terhadap gangguan pencernaan seperti lambung dan usus yang bisa menimbulkan pendarahan *WOW. Alkohol adalah senyawa organik yang mengandung satu atau lebih gugus hidroksida pada ditiap molekulnya. Alkohol dalam minuman keras digolongkan menjadi :

  1. Golongan A , kadar etanol 1%-5% . seperti Bir.
  2. Golongan B, kadar Etanol 5%-20%. seperti anggur, whiskey.
  3. Golongan C, kadar etanol 20%-55%. seperti brany,arak.

DALAM JUMLAH BANYAK,HATI TIDAK DAPAT MENERIMA ALKOHOL. kenapa? pokoknya dampaknya itu bisa menimbulkan Liver, pengerutan hati *ciuut , dan kanker hati. Kalau ibu-ibu minum ini kemungkinan bayinya akan lahir cacat. Huh? siapa sih yang mau punya anak cacat?

Untuk Ibu dan Bapak sekalian . Saya harap jika anda mengonsumsi alkohol karena untuk menghilangkan rasa stress, lebih baik tidak usah . Karena memang pengaruh alkohol dapat membawa anda dalam pengaruh tidak sadarkan diri. Jadi anda merasa alkohol itu bisa menenangkan maslah.Tapi anda salah justru alkohol ini dapat menambah masalah. Jadi, saya tidak melarang loh hanya menyarankan untuk tidak menggunakan secara berlebihan.

Untuk para remaja diluar sana. Well, gausah lah ya lo semua minum-minuman beginian. Sama aja lo itu pengecut. apalagi kalau lagi banyak masalah, biasanya yang ga punya duit pasti pada ngelem? iya kan? ngaku deh… Kalo lo cinta badan lo sendiri gausah lo minum-minuman beginian deh. Ga gaul nyoh ..!

  • Asap Rokok
  1. kanker saluran pernapasan dan paru-paru
  2. penyempitan pembuluh darah
  3. penyakit jantung koroner
  4. diabetes
  5. kerusakan sel reproduksi pria dan wanita yang bisa menimbulkan kemandulan.
  6. naiknya kadar lemak
  7. meningkatkan jumlah bayi prematur.

tahu tidak ? PEROKOK PASIF alias yang menghirup alias bukan perokoknya itu lebih berbahaya. Tahu kenapa? silahkan tanya..

  • Zat Psikotropika

Dampak fisik : gangguan sistem saraf, jantung dan pembuluh darah ,gangguan pada kulit, dan gangguan paru-paru.

Dampak psikis(rohani) : lamban kerja, sering tegang dan gelisah *galau ngga sih?kurang kepercayaan diri,   apatis, sering mengkhayal, penuh curiga, agitatif , menjadi ganasbahkan bunuh diri.

Dampak Sosial : gangguan mental , antisosial, dan asusila. MADESU –Masa Depan Suram. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: